Monday, September 15, 2014

Java itu Sulit untuk Manusia Indonesia

Banyak yang mengatakan belajar Java itu susah. Bahkan ada yang mengatakan bahasa Java adalah bahasa paling menyebalkan yang diajarkan di Perguruan Tinggi. Hal itu karena Java adalah bahasa yang sulit dimengerti oleh manusia , terutama di Indonesia, termasuk mahasiswa dan mahasiswi (hehehehehe).
Hal itu juga diperkuat dengan anggapan dari lingkungan sekitar kita yang menganggap Java adalah mimpi buruk untuk programer, terutama programer baru.
Beberapa kenalan menyampaikan bahwa untuk bikin programHello World” saja , butuh waktu 5 bulan.  Error…error….error… error …..
Sebenarnya Java itu benar benar sulit gak sih ? Terus apa yang bikin Java iu sulit? Kalau kita mau kaji sedikit, yang membuat Java itu susah justru merupakan kekuatan Java yang sebenarnya. Fitur dan kemampauan Java yang sangat banyak dan sangat kaya, yang bisa di jalankan disemua platform yang ada , merupakan “biang keladi” susahnya Java.
Jadi benar susah kan ? Nggak juga lho.
Begini, coba bawakan saya seorang profesor bahasa Inggris yang paling terkenal dan paling pandai dari Inggris sana. Trus ketemukan dengan nenek penjual sayur di pasar tradisional di Yogya, Solo, atau Semarang…. Ajak berdialog dengan bahasa Jawa Halus ( kromo inggil ) tentu sang profesor akan berpendapat bahasa Jawa susah. Padahal untuk saya pribadi, yang dari kecil sering diajari bahasa Jawa kromo inggil, bahasa Inggris itu lebih susah …. (betul kan ?)
Kunci susah dan tidak susah itu adalah “terbiasa” , kalau belum terbiasa ya.. susah… ( kayak si profesor ) … kalau sudah terbiasa.. maka …. akan sangat mudah.

0 comments:

Post a Comment

sealkazzsoftware.blogspot.com resepkuekeringku.com

Copyright © PROGRAMMER | Powered by Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com | BTheme.net      Up ↑